Jumat, 09 Maret 2012

Shinkansen 0 Series


Shinkansen 0 Series


Shinkansen 0 Series

     Seri 0 adalah rangkaian gerbong saat peresmian di tahun 1964. Kecepatan maksimum saat beroperasi untuk umum adalah 210 km/jam. Namun , karena ada revisi jadwal kereta pada tahun 1987, kecepatannya menjadi 220 km/jam setelah mengalami perbaikan sinyal ATC. Bodinya terbuat dari baja tahan cuaca untuk bagian tipisnya dan baja biasa untuk bagian lainnya. Untuk bahan alumina yang merupakan usulan MIKI (seorang anggota militer berpangkat mayor dan juga merupakan perancang bentuk bodi shinkansen pertama di Jepang), di mana dia ikut terlibat dalam desain bodi, tidak terapkan karena saat itu teknologi pengolahannya belum maju dan harganya mahal. Sampai saat ini telah diproduksi sebanyak 37 model gerbong, dan pada tahun 1999 akhirnya berhenti beroperasi dari Takaido Shinkansen.
     
     24 Februari 1972 , pada uji peningkatan kecepatan yang dilakukan pada Shin Kobe-Aioi, kereta uji model 951 berhasil mendapat rekor dunia tercepat saat itu yaitu sebesar 286 km/jam . Setelah membukan operasinya , Shinkansen terus mengalami evolusi tanpa berhenti, melampaui kerangka Seri 0..

     Berkaitan dengan berhenti operasinya Seri 0, dilakukan banyak seremoni untuk para pecintanya dan banyak pecinta berkumpul dalam upacara perpisahan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar