Kamis, 21 November 2013

Sifat - sifat Sistem Periodik Unsur (SPU)

1. Jari-jari atom:
Adalah jarak dari inti atom sampai menuju elektron di kulit terluar, besarnya jari-jari dipengaruhi oleh besarnya nomor atom unsur tersebut. Dalam satu golongan (dari atas ke bawah) jari-jari atom semakin besar. Sementara itu dalam satu periode (dari kiri ke kanan) jari-jari atom cenderung semakin kecil karena tarikan dari inti atom yang semakin besar.


2. Energi Ionisasi (Kj.Mol-1)
Merupakan energi minimum yang diperlukan atom netral dalam wujud gas untuk melepaskan satu elektron sehingga membentuk ion bermuatan +1 (kation). Dalam satu golongan (atas ke bawah) Energi ionisasi semakin kecil karena jari-jari yang makin besar sehingga gaya tarik inti terhadap elektron makin kecil. Sementara itu dalam satu periode (kiri ke kanan) energi ionisasi semakin besar karena jari-jari atom yang makin kecil.

3. Afinitas Elektron (Kj.Mol-1)
Afinitas energi merupakan energi yang dilepaskan atau diserap ketika atom netral menerima sebuah elektron. Jika penyerapan elektron disertai pelepasan energi, maka harga afinitas elektronnya dinyatakan dengan tanda negatif, dan sebaliknya. Semakin negatif nilai afinitas elektron berarti semakin mudah bagi sebuah atom untuk menghasilkan ion anion. Dalam satu golongan, harga afinitas elektron semakin kecil. Sementara dalam satu periode, harga afinitas elektron semakin besar.

4. Keelektronegatifan
Keelektronegatifan adalah kemampuan suatu unsur untuk menarik elektron dalam senyawa (ikatannya). Diukur dengan menggunakan skala Pauling yang besarnya antara 0,7 (keelektronegatifan Cs) sampai 4(keelektronegatifan F). Semakin besar nilai keelektronegaifan berarti kecenderungan membentuk anionnya sangat besar, dan sebaliknya. Dalam satu golongan nilai keelektronegatifan semakin kecil, sementara dalam satu periode nilai keelektronegatifan semakin besar.

Source : Dokumentasi Pribadi

0 komentar:

Posting Komentar